Girls' Generation (SNSD/소녀시대) dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2007. Grup ini memiliki 9 anggota, yaitu Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona dan Seohyun. Sudah banyak lagu yang telah rilis sejak debut, dan mereka telah mengeluarkan selusin album, mini album sampai concert CD bahkan DVD dan Blu-Ray Disc konser mereka. 'Oh!', 'Gee', 'Tell Me Your Wish', sampai 'Mr. Mr.' adalah lagu yang telah mereka nyanyikan. Mereka juga
telah menggelar konser di berbagai belahan dunia dan telah mengikuti banyak acara di luar Korea.
Nama "Girls' Generation" diambil dari salah satu judul lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Lee Seung-Chul "Girls' Generation" (1989). Di Korea sendiri, grup ini lebih sering diesbut sebagai So Nyeo Shi Dae (소녀시대), atau biasa disingkat sebagai 'SoShi' (소시), atau SNSD. Arti nama ini adalah 'generasi perempuan, dominasi telah datang'. Di Jepang, grup ini disebut sebagai Shojo Jidai (少女時代).
Pada waktu itu, S.M. Entertainment sukses mengorbitkan boy band Super Junior. Ingin menglangi kesuksesan ini, S.M. membentuk grup baru yang anggotanya para perempuan yang kemudian menjadi Girls' Generation. Proses seleksi anggota grup pun berjalan tidak sebentar. Bahkan, beberapa kali terjadi bongkar-pasang member, sampai akhirnya ditemukan formasi yang tepat untuk grup ini. Anggota grup ini juga ada yang telah malang melintang di dunia hiburan Korea Selatan sebelumnya dengan membintangi beberapa iklan, seri TV, atau telah menjadi artis sebelumnya.
Untuk pertama kalinya, mereka tampil secara 'kecil-kecilan' sebagai sebuah grup pada acara 'School of Rock' dimana mereka menyanyikan single pertama mereka, 'Into the New World'. Sebuah acara dokumenter merekam kegiatan mereka selama mereka debut, yaitu "Girls' Generation Goes to School". Tak lama kemudian, mereka juga merilis single pertama mereka (dalam bentuk CD), beserta dua lagu lainnya, 'Perfect for You' dan 'Beginning'. Lalu, akhirnya mereka tampil debut secara resmi pada acara SBS Inkigayo dan MBC Music Core serta Music Bank. Berkat penampilan mereka yang kompak dan total, 'Into the New World' meraih posisi nomor 1 di M!Countdown. Dari sinilah, karier mereka dimulai. Pada akhir musim gugur tahun 2007, Girls' Generation secara resmi merilis singel utama berjudul "Girls' Generation" yang merupakan daur ulang lagu Lee Seung-Chul, serta 8 lagu lainnya. Album ini terjual lebih dari 100.000 keping.
Sejak saat itu, karier mereka meroket. Pada tahun 2008, mereka kembali mempromosikan singel kedua dari album pertama mereka, 'Kissing You' dan kembali memenangkan berbagai penghargaan. Selang beberapa bulan kemudian, pada Maret 2008 mereka mempromosikan album mereka yang dirilis ulang, yaitu 'Baby Baby'. Lalu pada 26 desember 2008, muncul poster anggota Girls' Generation mengenakan sepatu roda di berbagai lokasi di Seoul. Fans merasa penasaran, dan kemudian S.M. mengkonfirmasi bahwa Girls' Generation akan mengeluarkan album mini pertama mereka.
Akhirnya, pada awal 2009 singel terbaru mereka, 'Gee' dirilis. Lagu ini adalah lagu Girls' Generation yang paling fenomenal. Lagu bertempo cepat yang mengisahkan seorang wanita yang jatuh cinta untuk pertama kalinya ini berhasil meraih posisi puncak di seluruh tangga lagu musik digital dalam waktu... 2 hari setelah dirilis! Lagu ini memecahkan rekor dengan tetap berada di posisi puncak pada minggu ke-7. 'Gee' berhasil mencatata rekor sebagai lagu terlama yang berada di posisi puncak KBS Music Bank, memecahkan rekor Jewelry dengan lagunya 'One More Time'. Lagu ini juga berhasil memenangkan penghargaan di acara tersebut sebanyak 9 kali! Lebih dari 100.000 kopi album telah didistribusikan, dan 30.000 kopi album telah terjual hanya dalam 10 hari setelah perilisan! 'Gee' juga dinobatkan sebagai song of the decade dari MelOn, situ musik Korea. Luar biasa bukan?
Setelah beristirahat sejenak, Girls' Generation kembali merilis album mininya 'Tell Me You Wish (Genie)' yang berkonsep marinir pada 22 Juni 2009. Lagu ini juga mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai acara musik dan bahkan penjualan album minggu pertama hampir dua kali angka penjualan minggu pertama 'Gee'! Lalu, Girls' Generation menggelar konser pertamanya yang bertajuk Into The New World di berbagai negara.
Masih banyak lagi lagu-lagu hits yang mereka keluarkan pada tahun 2010, di antaranya 'Oh!' (dimana para anggota Girls' Generation berubah menjadi cheerleaders), 'Run Devil Run' (kelanjutan lagu 'Oh!' dimana Girls' Generation bertransformasi menjadi lebih 'kelam' dan dewasa), Hoot (Girls' Generation berubah menjadi agen mata-mata) dan juga melakukan debut di Jepang. Mereka juga hadir di Golden Disc Award dan berhasil membawa pulang 3 gelar, termasuk Disk Daesang (Album of the Year) untuk Oh!. Girls' Generation melalui penghargaan ini menjadi girl group pertama yang memenangkan Disc Daesang dan Digital Daesang (2009). Tidak sampai di situ, masih banyak penghargaan lain yang mereka dapatkan.
Pada April 2011, SNSD merilis album singel Jepang mereka yang ketiga, "Mr. Taxi/Run Devil Run" dengan lagu andalan 'Mr. Taxi' sebagai lagu asli berbahasa Jepang mereka yang pertama. Versi Jepang dari 'Run Devil Run' pun dirilis dalam album ini. Sebagian keuntungan dari penjualan singel ini disumbangkan ke Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011. Pada Oktober 2011, mereka kembali merilis album Korea bertajuk 'The Boys' dengan konsep 'heroine'. Setelah beberapa menit dirilis, lagu ini langsung menerima 'all-kill' di berbagai tangga lagu di Korea. Bahkan, lagu ini memuncaki Top 30 pada grafik iTunes Amerika Serikat. Albumnya pun menjadi album terlaris pada bulan Oktober dan ketiga terbaik penjualan album 2011.
Girls' Generation kembali kebanjiran penghargaan di Golden Disc Awards 2012, dengan menerima penghargaan 'Digital Bonsang' dan 'Digital Daesang'. Tetapi, mereka tidak berlarut dalam kemenangan, tetapi tetap berjuang dan berhasil merilis satu singel Jepang, 'Time Machine' yang sangat sarat makna. Pada tahun ini juga mereka merilis satu singel baru, 'Paparazzi' yang merupakan singel Jepang mereka. Juga, pada tahun yang sama, Girls' Generation membuat kontrak dengan Korea Post (untuk pertama kalinya!) dan mengeluarkan perangko bergambar anggota grup Girls' Generation.
Tepat pada tanggal 1 Januari 2013, Girls' Generation kembali merilis karyanya, 'I Got a Boy' sebagai album keempat Korea mereka. Album ini terjual lebih dari eksemplar dan dicetak dalam 10 versi yang berbeda, masing-masing dengan cover dengan gambar yang berbeda-beda. Pada September 2013, SNSD kembali merilis singel Jepang 'Galaxy Supernova' yang langsung populer di Jepang. Selain itu, yang membanggakan, Girls' Generation berhasil mengalahkan artis-artis dunia lainnya seperti Justin Bieber, Lady Gaga dan Miley Cyrus dalam ajang Youtube Music Awards dengan menggondol piala 'Best Music Video'. Pada akhir 2013, mereka merilis singel 'My Oh My; serta album 'Love & Peace'.
Karya terbaru mereka adalah lagu berkonsep klasik dan misterius berjudul 'Mr. Mr.'. Dengan jas, kemeja dan dasi, mereka membawakan lagu ini segera 'membunuh' tangga lagu di Korea. Lagu ini langsung menyodok posisi 110 pada 'Billboard 200 (ini adalah prestasi tertinggi Girls' Generation di tangga lagu ini). Album berjudul sama juga dirilis dan berhasil 'mencuri' penghargaan 'Digital Disc Bonsang' pada tahun 2014.
Tetapi, tahun 2014 adalah tahun yang kelam bagi Girls' Generation. Pada tanggal 30 September 2014, salah satu anggota, Jessica, tidak diikutkan lagi dalam aktivitas grup karena adanya ketidakcocokan jadwal antara Jessica dengan Girls' Generation. Jessica akan tetap menjalankan karier musiknya secara solo di bawah S.M. Entertainment. Hal ini membuat anggota lain dan fans sangat bersedih. Girls' Generation mengadakan 'debut' dengan formasi 8 anggota pada 9 Desember 2014 pada konser 'The Best Live' di Tokyo Dome yang ditonton 50.000 orang.
Aku pribadi adalah penggemar mereka sejak tahun 2010. Aku ingat, lagu pertama Girls' Generation yang aku kenal adalah 'Run Devil Run'. Tadinya, aku tidak menyukai sama sekali grup ini. Tetapi, seiring berjalannya waktu, aku terus memperhatikan mereka dan malah sampai sekarang menjadi seorang SONE (fans Girls' Generation). Aku telah memiliki lebih dari 20 memorabilia bertema Girls' Generation dan telah menonton konser mereka sebanyak 2 kali di Indonesia.
Menurutku, lagu-lagu mereka memiliki makna yang bagus dan selalu berhasil membangkitkan semangatku setiap kali aku mendengarnya. Pengemasan album-album mereka pun sangat berkualitas, sehingga menarik para fans untuk mengoleksinya (termasuk aku). Itulah mengapa aku menyukai grup ini.
Berita mengenai Jessica sangat membuat aku sedih. Aku tidak biasa melihat grup ini hanya beranggotakan 8 orang, karena menurutku Girls' Generation akan menjadi Girls' Generation jika ada 9 member di dalamnya. Tetapi, bukan berarti aku berhenti untuk menyukai mereka, aku tetap mendukung Girls' Generation dan Jessica dan terus menantikan karya-karya mereka.
Jigeumeun So Nyeo Shi Dae! Apeurodo So Nyeo Shi Dae! Yeongwonhi So Nyeo Shi Dae!
Right now it's SNSD. In the future it's SNSD. Forever it's SNSD.
No comments:
Post a Comment